Blogger Template by Blogcrowds

Martial Arts dan Grappling

Akhir-akhir ini banyak sekali saya lihat banyak sekali video beladiri yang mengagungkan grappling dan MMA. Gak salah, sih, saya juga setudju dengan ini karena sejago2nya orang, kalo udah ketangkep sama ahli grappling, wassalam dech.

Setelah saya browse2 lagi, nemu forum namanya bullshido, dan forum ini benar2 menganjurkan belajar grappling, kenapa? kita lihat:

1. Orang bilang, kalo udah jago striking, ngapain belajar grappling? bener juga, tapi, sejago2nya ga mungkin bisa jatohin musuh yang terlatih dan terdidik. Manusia beda ama sansak, sansak dipukul ga ngehindar, sansak emank meredam kekuatan pukul, tapi menurut saya, daging manusia itu salah satu bahan peredam pukul yang bagus

2. Orang bilang grappling ga bagus di area beraspal dan kerikil, salah bung! Justru enak, kalo u jago grappling, apalagi ground, jatohin musuh, gasak di aspal, enak dah tu punggungnya :D

3. Orang bilang grappling jadi bumerang kalo pertarungan one against many. Bener, tapi smeua beladiri juga begitu , kalo lawannya banyakan, apalagi bersenjata, u harus bener2 jago, kayak guru saya (bukannya sombong nih), dia 1 vs 45 cuman sakit badan doank -_-;

Saya ga mewajibkan ato mendewakan grappling, tapi alangkah baiknya kalo kita semua, yang mempraktisi MA tentunya, belajar grappling, ato seenggaknya belajar counternya lah, malu kan, udah betaon-taon belajar MA, eh kala ma anak MMA yang baru 6 bulan speliasisasi grappling ^_____^

4 komentar:

anyway... grappling ma MMA tuh apa ya?

10 Januari 2008 pukul 01.49  

doh, grappling tuh kayak bantingan/kuncian prib, kalo MMA tuh mixed martial arts, kayak UFC ngono loh, MP sendiri udah semi MMA, karena ada sedikit pelajaran kuncian, bantingan, tapi belum sampai submission sih

10 Januari 2008 pukul 01.56  

kan jurus paling ampuh tuh...

lari!

10 Januari 2008 pukul 02.40  

betol setuju gw, lari is the best, unless u are confidence in your skill, well, what else to say...

10 Januari 2008 pukul 02.51  

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda