Blogger Template by Blogcrowds

Ilmu padi, benarkah?

Apaan nih? ndra, u lagi mikir apasih?

tenang dulu, maksud saya, makin berilmu dan tahu sesuatu, maka kita akan merasa semakin bodoh dan kerdil, kenapa? well, ini hanya pendapat pribadi sih, jangan diambil hati kalau nggak suka :D

Sewaktu masih SMA, pertama kali belajar silat saya pedenya bukan main, rasanya kalau ketemu orang songong dijalan pengennya maen hajar aja. Bayangin aja, baru belajar 6 bulan udah bisa matahin besi, gimana ga gede tuh kepala? yah begtulah kalau masih immature, masih bau kencur hahahaha, untung belum kena batunya!

Bahkan, saya sempat bersitegang dengan temen saya karena saya berkeras kalau beladiri yang saya anut itu paling hebat! fuuh, taklid buta deh. Setelah waktu berlalu, akhirnya mata saya terbuka, benyak sekali jago2 beladiri lain, bahkan yang dulunya saya remehkan ternyata kalau dilawan sulit juga ^^, makin merasa lemah dan tidak percaya diri lah yang akhirnya melanda :D

Saya juga mulai terbuka pandangannya setelah membaca komik Vagabond yang menceritakan pendekar paporit saya, Musashi Miyamoto. Beliau di salah satu volumenya digambarkan menanjak gunung, yang melambangkan dirinya, setelah susah payah (kakinya ketusuk paku, cucian de lu, jaman dulu kaga ada sepatu boots!) dia akhirnya sampai di atas puncak. Dia girang setengah mati, tetapi tidak lama awan yang menutupi mulai tersingkap, dan dia tercengang. Dia melihat banyak gunung-gunung lain yang lebih tinggi darinya, yang katanya ingin tahu seberapa dekat dia dengan puncak dunia (dasar gila...).

Setelah itu pribadinya jadi lebih sopan dan pendiam, tidak seperti pertama kali berkelana, yang mana nafsu membunuhnya terpancar jelas seperti binatang buas. hahaha, jadi ingat, "mersudi patitingsih tindak pusakane titising hening", mencari tindakan yang benar, dalam keheningan.

Akhirnya saya sampai pada kesimpulan, kalau aliran beladiri itu hanyalah jalan, yang berbeda panjang dan lebarnya, tetapi satu tujuannya, mencari selamat di saat terdesak, mencari jatidiri dan kebenaran atas diri sendiri. bang bruce Lee pernah bilang, sesungguhnya beladiri paling kuat itu nggak ada, yang ada hanyalah pendekar yang lebih kuat, bener juga bos.....

Semakin lama waktu terlewati, semakin dekat dengan kebenaran, semakin kerdil dan bodohlah kita dihadapan Yang Maha Kuasa....

Ngaskus lagi ah, beraaat :D

1 komentar:

kok ada bruce lee di sini...?
salam kenal mas....

8 Februari 2008 pukul 21.00  

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda