Blogger Template by Blogcrowds

Beladiri Bukan AGAMA!

Sebelumnya terimakasih, sama blog JALAN PETARUNG (maap salah melulu), inspiratif sekali

Jadi apa dong? well, singkatnya, anggap beladiri itu ilmu, yang selalu dicari dan disempurnakan sampai akhir hayat, dan diturunkan ke generasi berikutnya (cieh....)

Pernah denger? well, banyak banged yang mendewakan salah satu beladiri, sampe2 berkeras hati kalau another MA is sucks!, damn i hate those kind of guys. Beladiri tu bukan agama, ga usahlah lu bela mati-matian, toh kalo elu jago, bukan beladirinya, tapi elunya yang jago, dan kalo elu payah bukan beladirinya yang payah, tapi karena elu yang kurang berlatih!

Well bukannya teknik ga penting, tapi misalkan lu berlatih BJJ yang terkenal jago mengalahkan jagoan2 striking, tapi in the end u kalah gara2 musuh kamu pukulannya tepat, jago ngehindarin submission dan semua strikenya masuk, gempor deh....padahal dia cuman berlatih pukulan lurus dan tendangan lurus selama hidupnya, tapi saking serius dan kerasnya latihan dia, tu pukulan dan tendangan udah bukan milik manusia lagi heheheehehe.

Dalam berguru selalu kosongkan ilmumu! anggap kamu nggak pernah latihan sebelumnya.....anggap kamu itu pemula, ambil yang bagus, buang yang jelek, train smart, train hard! mana ada jagoan yang jadi dalam sehari? Son Go Ku sama Naruto aja betaon2 baru bisa sakti mandraguna kayak begitu :D di komik aja begitu apalagi di dunia nyata, betul?

Dulu pelatih saya, mas Endru dan Mas Rio pernah bilang, kalau jagoan sejati bukan karena "diisi" atau "dibantu" sama instruktur, tapi karena berlatih dan berlatih, tak kenal musim dan cuaca. Bahkan mereka dengan humblenya bilang kalo saya bisa melebihi mereka asalkan berlatih lebih keras dari mereka. Wow, motivated abis kan? beruntungnya diri ini punya guru yang teladan seperti itu :D hohoho.

Mersudi patititingsih tindak pusakane titising hening (maap kalo salah), artinya mencari kebenaran/jalan yang benar dalam keheningan/kedamaian u choose deh ^^., maknanya dalam sekali loh sodara-sodara, dalam berguru jangan taklid/percaya buta sama suatu omongan, percaya harus, tapi telaah dengan hati, apa bener? apa masuk akal? . Saya sempat skeptis soal getaran, tetapi setelah melihat sendiri kedahsyatannya, wow, speechless deh, kalo udah bener2 menguasai, yang namanya istilah "membaca gerakan" bukan isapan jempol loh.

tapi inget, guru adalah manusia juga, jadi kalo dia salah satu dua kali harap maklum, apalagi biasanya tua-tua tuh master MA :D pikun nak !. Sekali lagi telaah, jangan mudah percaya sama marketing MA, termasuk blog ini, anda cerna lagi, bener ga sih yang ni artikel bilang? well penonton lah yang menilai, penulis duduk manis sambil ngebokep di tab lainnya :D.


7 komentar:

Pertamax!! yeah!

setuju, mas. gue setuju ama elo! heahahahahhh^^

17 Januari 2008 pukul 20.35  

wow!
eh, minta pendapat! tentang beladiri juga,,
lu bilang beladiri itu bakan agama, yoi! gw sutuju, tapi ada beberapa beladiri yang dikembangkan oleh agama" tertentu,, jadi dlm beladiri tsb. ad unsur suatu agama, baik itu ritual ibadah atau yg lainnya,,,
nah, sebagai muslim, kan ga oleh tuh mengikuti tradisi agama lain,, iya kan?? nah, pendapat loe tentang umat muslim yg belajar beladiri yg diturunkan dari suatu agama tertentu gimana jo?! hehe...

19 Januari 2008 pukul 00.26  

tumben tulisan lo bener dan bermakna, bisa juga lw, salut gw sama lw ga nyangka punya temen kaya gini (kalau gw masih dianggap temen lho).

btw gimana pendapat anda tentang MP?

19 Januari 2008 pukul 02.20  

adooh, banyak banget pertanyaannya, okeh dari ardya dolo yah :D

yah, itu duah jadi pilihan pribadi (halo pribadi:D) masing2, kalo emang ga keberatan sih ya gapapa, anggap aja itu sebagai upacara, bukan sebagai bagian dari keyakinan lo ok?

pendapat saya tentang MP, sebenaernya MP yg gw liat skarang2 ini sudah mulai kehilangan identitas, kenapa? karena lebih mementingkan silat tanding daripada sil;at jalanan (jadi kangen mas rio mamas endru..),

lah prib, u will always be my friend till grave separate us hehehhe

bwat anak SMANSA, mas irfan ma mas tole udah mengajarkan jalan yang (menurut gw benar), jalan power dan getaran...pokoknya gw g terlalu suka ma silat tanding yang cuman ngejar poin, tapi....tiap silat ada keunikannya sendiri2, ada yang fokus poin tanding aja...ada yang mix, ada yang cuman seni..dll!

tinggal cari aja yang cuco' sama kita, ngono loh.....this is just my 2 cent :D

19 Januari 2008 pukul 02.38  

tapi inget loh, beton ga mukul balik! jadi kalo latiannya mukulin beton doank mah percuma, kalo bisa sistem sparring di MP diper "sadis" kayak di UFC ato Muay Thai, pake gloves MMA kan mayan tuh....

19 Januari 2008 pukul 02.41  

Wew bisa juga lw jo ngebuat tulisan bagus hahaha. Jadi pengen bikin blog kayak gini juga ah...

19 Januari 2008 pukul 05.33  

blog lu paan rik?

19 Januari 2008 pukul 05.40  

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda